Main Article Content

Abstract

Masalah pendidikan tidak akan pernah selesai untuk dibicarakan. Karena soal pendidikan akan selalu terkait dengan konstektualitas kehidupan umat manusia sepanjang zaman. Setiap perkembangan peradaban umat manusia sudah barang tentu selalu diikuti oleh berbagai dimensi kehidupan manusia itu sendiri. Dengan demikian masalah pendidikan ini mempunyai arti dan definisi serta istilah yang berbeda-beda Sekolah merupakan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendidikan siswa paket B dengan hasil prestasi belajar di mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilakukan dengan metode uji normalitas. Tugasnya adalah mengembangkan kemampuan, bakat, dan minat anak atau siswa secara optimal sesuai dengan potensinya. Dengan pengembangan tersebut, siswa menjadi manusia yang berguna baik bagi dirinya maupun bagi orang lain atau lingkungannya. Oleh karena itu, setiap anak yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, membutuhkan penyesuaian diri dengan latar belakang pendidikan yang dia tempuh sebelumnya. Sebagai contoh, siswa yang mempunyai latar belakang pendidikan dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebaiknya atau idealnya melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs), sedangkan bagi siswa yang mempunyai latar belakang pendidikan dari Sekolah Dasar (SD) sebaiknya atau idealnya melanjutkan ke Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) ataupun ke lembaga pendidikan non formal seperti PKBM Paket B Hidayatul Mubtadiin. Akan tetapi dalam kenyataannya, tidak seluruh siswa itu dapat melanjutkan sekolah sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan.Apabila salah satu faktor di atas mengalami hambatan, maka hasil belajar siswa pun terpengaruhi.

Keywords

Pengaruh Pendidikan Prestasi

Article Details

How to Cite
Abdullah, A. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Paket Terhadap Prestasi Belajar pada Pelajaran PAI. Matriks Jurnal Sosial Dan Sains, 2(2), 90–98. https://doi.org/10.59784/matriks.v2i2.65