Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan dan mendeskripsikan yang dialami  peserta didik dalam menyelesaikan soal soal latihan pada materi statistika. Metode yang akan digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan saintifik. subjek pada penelitian ini adalah peserta didik dari SMP muhammadiyah 57 medan dengan sampel yang digunakan adalah 10 siswa siswi kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Mengumpulkan data dengan menggunakan hasil tes dokumentasi dengan memberikan soal kepada siswa mengenai pokok bahasan dari materi statistika yang merupakan teknik dari penelitian ini. Memberikan 5 soal essai kepada subjek sebanyak 10 peserta didik sebagai data dalam penelitian. Memuat indikator pencapaian kompetensi ; 1). Mengurutkan data, 2). Penyajian data dalam bentuk tabel, 3). Menentukan nilai rata rata sebuah data, 4). Menentukan modus dari sebuah data, 5). Menentukan pemusatan data dari sebuah diagram. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan kesulitan siswa, kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal statistika terdapat di indikator menentukan pemusatan data dari sebuah diagram pada soal nomor 5 dengan persentase kesalahan mencapai 82% yang termasuk kriteria tinggi. Faktor Penyebab dari kesalahan siswa adalah dikarenakan siswa belum memahami konsep dari soal statistika, kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan soal yang dihadapi.

Keywords

analisis kesulitan siswa; statistika; indikator kompetensi

Article Details

How to Cite
Lubis, A. P., Fadillah, D. T. ., Hasibuan, N. A., & Purnama Sari, R. . (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Statistika. Matriks Jurnal Sosial Dan Sains, 5(1), 127–134. https://doi.org/10.59784/matriks.v5i1.670

References

  1. Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan.
  2. Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.
  3. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
  4. Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP pada materi lingkaran. Prisma, 7(1), 1–10.
  5. Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153.
  6. Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98.
  7. Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis kesulitan dalam materi statistika ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi statistis. Prisma, 6(2), 173–179.
  8. Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415–426.
  9. Muhibbin, S. (2007). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  10. Mundir. (2012). Statistika pendidikan. Jember: STAIN Jember Press.
  11. Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
  12. Subur, J. (2013). Analisis kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan matematika di kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).
  13. Widodo, A. & Kwardiniya. (2017). Pengantar statistika. Malang: UB Press.
  14. Widyantini. (2010). Statistika Sekolah Menengah Pertama. Yogyakarta.
  15. Zaini, N., & Khori, N. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Peserta Didik SD/MI Di Desa Guci Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif. TA’AWUN, 1(01), 14–27.